Minggu, 17 Juli 2016

Apa yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Baru?

Berhubung sebentar lagi akan ada penyambutan mahasiswa baru, akhirnya terpikirkan untuk menuliskan beberapa tips khusus kamu yang akan menjalani masa-masa awal perkuliahan. Mahasiswa baru? Apa aja sih yang harus dipersiapkan? Here we go!

1. Tempat Kos-kosan
            Bagi kamu yang berdomisili cukup jauh atau bahkan sangat jauh dari lingkungan kampus, kos-kosan merupakan hal pertama yang seharusnya sudah kamu pikirkan. Disarankan untuk survey tempat dari jauh-jauh hari, karena kalau kamu tidak mencari dari jauh-jauh hari, dipastikan akan banyak tulisan “kamar penuh” terpampang di depan gerbang kos-kosan yang kamu tuju. Carilah info tempat kos-kosan dari berbagai sumber, bisa dari teman, saudara, atau kakak senior yang berkuliah disana. Carilah kos-kosan yang aman, bersih, fasilitas yang lengkap, kondusif, dan pastikan juga disesuaikan dengan kantong ya. Harga kos-kosan di daerah Jakarta berkisar antara Rp 500.000 – Rp 2.000.000 per bulan, bahkan bisa lebih dari batas tersebut. Semakin mahal, maka semakin lengkap pula fasilitas yang disediakan. Opsi lain selain kos-kosan, kamu juga bisa tinggal di asrama jika kampus kamu memilikinya, biasanya, biaya di asrama akan lebih murah dibandingkan di kos-kosan dan dikhususkan untuk mahasiswa yang berasal di luar daerah dimana kampus tersebut berada. Opsi terakhir, kamu dan teman-temanmu bisa cari kontrakan, sehingga kamu bisa tinggal bareng, dan biaya yang ditanggung akan di bagi-bagi bersama teman-temanmu. Beruntunglah bagi kamu yang rumahnya dekat dengan kampus, karena kamu tidak perlu memikirkan hal ini.
2. Kenali Lingkungan Kampus
            Jika kamu belum pernah sama sekali ke kampus barumu, kamu pasti akan bingung tempat atau gedung-gedung yang ada disana. Sebagai pemula, eksplorlah semaksial mungkin lingkungan kampusmu. Tidak apa menyasar, toh kamu kan mahasiswa baru. Jangan malu bertanya ya! Pun jika kamu malu untuk bertanya, kamu bisa manfaatkan “mbah google” untuk membantumu! Perhatikanlah dimana letak-letak fakultas yang ada dikampusmu, jangan sampai kamu nanti salah masuk fakultas ya. Hehe Selain mengetahui letak fakultas, kamu juga harus mengetahui tempat-tempat lain, seperti perpustakaan, kantin, masjid, dan sebagainya.
3. Masuk Grup Media Sosial
            Setelah kamu dinyatakan diterima di suatu kampus, maka biasanya kakak seniormu telah menyediakan grup bagi mahasiswa baru loh. Supaya kamu tidak tertinggal info-info penting, maka kamu wajib bergabung di grup yang telah dibuat, baik itu melalu Line ataupun whatsapp. Selain mendapatkan info-info penting, kamu juga mulai dapat mengetahui siapa teman-teman satu fakultasmu. Seru banget, kan? Pantau terus grup tersebut ya, supaya tidak ada informasi yang ke-skip.

To be continue . . .


This is the second time #MingguNgeblog with Husni Radiyan. Actually, I don’t have any idea to write, just because I don’t want to get punishment from him. So, lets surf to his blog. Enjoy! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar