Kamis, 07 Juli 2016

YUK SADAR!

Assalamualaikum wr wb
            Selamat hari lebaran ke-3 ya kawan! Tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya, gue beserta keluarga (mamah, bapak, dan aa) pulang ke kampung halaman di Kuningan (bukan Kuningan Jakarta ya, hehe). Sebelum cerita lebih jauh, gue mohon maaf ya atas segala kesalahan yang pernah gue buat, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Oke, gue mau cerita lagi.
            Jadi, kemarin di hari lebaran yang ke-2, gue dan keluarga (udah tau kan keluarga mana yang dimaksud, hehe) pergi jalan-jalan ke kota Kuningan. Perjalanan dari kampung rumah nenek gue ke Kota Kuningan itu sekitar 2 jam (lumayan jauh ya). Tujuan pertama kita itu ke tempat kolam dan terapi ikan. Sesampainya disana, gue langsung duduk di pinggir kolam dan kaki gue langsung di cemplungin ke kolam sampe sekitar betis. Ngga lama, ikan-ikan kecil itu langsung gigitin kaki gue yang katanya sebagai terapi yang bagus buat kesehatan. Geli banget awalnya wkwk tapi lama-lama sih enak. Skip aja ya lansgung. Tujuan kedua kita ke Waduk Darma, waduk buatan, yang kalo kata mitos yang gue denger, kalau kalian ngajak pasangan yang belum halal kesana bakalan langsung putus wkwkw (gatau sih bener apa engganya, tapi katanya berdasarkan pengalaman, banyak yang kaya gitu). Setelah sampai sana, rame banget pengunjung yang juga dateng kesana, mulai dari anak-anak sampe nenek-kakek ngumpul semua disana. Pemandangannya bagus (tapi sayangnya pas gue sampe sana malah hujan). Ada satu hal yang membuat pemandangan menjadi tidak enak dipandang. Sampah. Ya, sampah berserakan dimana-mana. Di jalan, dipinggiran yang jualan, di rumput-rumput, pokoknya setiap mata memandang pasti ada sampah (kecuali di danaunya). Ada suatu pepatah yang pas buat menggambarkan ini “Dimana ada manusia, disitu pasti ada sampah”. Geregetan banget ngeliatnya. Kenapa sih orang-orang dengan se-enaknya membuang sampah sembarangan? Kenapa engga dibuang pada tempat sampah, pun kalau ngga menemukan tempat sampah bisa di pegang dulu atau dibungkus plastik atau masukin ke tas dulu. Padahal ini hal yang simple dan gampang banget kan? Ini tuh masalahnya bukan cuma ngebuat pemandangan jadi kotor, tapi punya dampak jangka panjang juga, guys. Misalnya nih, lu yang udah gede (yang bisa mikir mana yang baik atau bahkan seorang mahasiswa) membuang sampah sembarangan, dan disekitaran lu itu banyak anak-anak kecil, otomatis mereka akan ngikutin lu untuk buang sampah dimanapun mereka mau. Ini bakal menjadi kebiasaan loh buat anak-anak kecil itu. Gue nulis kaya gini bukan karena gue aktivis lingkungan atau apapun, tapi gue peduli sama lingkungan disekitar gue, pun dengan anak-anak kecil itu (yang akan menjadi penerus bangsa). Meskipun gue belum bisa melakukan apapun secara nyata untuk menanggulangi sampah disana, tapi setidaknya melalui tulisan ini, gue mau mengajak kalian semua untuk lebih sadar akan hal ini. Kalo kalian lagi jalan-jalan kemanapun itu, yuk buang sampah ditempatnya, atau kita simpen dulu di tas. Memang sih setelah kalian melakukan itu, engga seketika lingkungan jadi bebas sampah, tapi setidaknya kita sudah membantu untuk menjaga lingkungan dan karakter generasi penerus bangsa. Dan pesan terakhir gue, ketika lu nanti udah sukses punya tempat hiburan, toko, atau apapun itu, tolong sediakan tempat sampah sebanyak mungkin ya! (Ya disesuaikan aja, jangan Cuma 1 lah pokoknya) dan ajak temen-temen dan keluarga disekitar kita untuk lebih peduli lingkungan dan ingetin mereka ya untuk buat sampah pada tempatnya. Kalau semuanya udah punya kesadaran akan hal ini, dijamin tempat hiburan atau tempat apapun itu pasti jadi bakalan lebih nyaman. Ya ngga? Iya aja udah wkwk.

            Udah sih itu aja yang mau gue tulis, maapin yaa kalo kata-kata gue ada yang tidak berkenan. Terimakasih, guys. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar