Minggu, 10 Juli 2016

#LiburanProduktif (Part III)

Yuk, kita lanjut lagi!

7. Berbagi Kepada Sesama
            Cobalah lebih teliti memperhatikan lingkungan dan keadaan disekitar kita, cobalah peduli terhadapnya. Masih banyak orang-orang disekitar kita yang belum bisa merasakan kenikmatan-kenikmatan yang kita rasakan, masih banyak di luar sana yang tidak makan seharian, bukan karena mereka berpuasa, tetapi karena memang tidak ada makanan yang bisa mereka makan. Hal-hal yang sederhana bisa jadi sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan. Kegiatan berbagi yang bisa kamu lakukan adalah seperti, menyantuni anak yatim di yayasan panti asuhan, memberikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan—biasanya mereka tinggal beralaskan aspal dan beratapkan langit –, memberikan makanan kepada orang yang sedang berpuasa (misalnya pada bulan Ramadhan), memberikan hadiah kepada teman atupun saudara, dan masih banyak bentuk lainnya yang bisa dilakukan. Bersedekahlah kawan, dalam keadaan lapang maupun sempit. Semakin banyak kamu bersedekah, Allah berjanji akan menambahkannya. Pun ketika kamu tidak memiliki apa-apa, cukup dengan tersenyum dengan ikhlas kepada sesama saudara sudah merupakan shodaqoh/sedekah. #YukSenyum. “Tidak ada orang yang jatuh miskin hanya karena memberi.” –Anne Frank     
8. Magang
            Masa liburan yang cukup lama, bisa kamu manfaatkan untuk magang, baik di dalam maupun di luar negeri. Cobalah mulai cari info-info terkait magang dan cari tahu bagaimana caranya, tanyalah kepada senior ataupun teman yang pernah merasakannya. Jangan sungkan untuk bertanya, kawan. Pengalaman kamu akan bertambah ketika kamu mencoba untuk magang, apalagi kalau magang yang sejalan dengan jurusan yang sedang kamu jalani. Selain mendapatkan ilmu dan pengetahuan, kamu juga bisa mendapatkan gaji, lumayan ya uangnya bisa digunakan untuk ditabung atau digunakan untuk hal bermanfaat lainnya. Selamat mencoba, kawan!
9. Berbisnis
Bagi kamu yang belum pernah berbisnis, tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis ketika liburan. Mulai saja dari hal-hal kecil, seperti menjadi re-seller toko online (tidak membutuhkn modal), atau mencoba berbisnis dari hasil karyamu sendiri (misalnya: lukisan, gambar wajah/karikatur, dsb). Ketika orang lain berlibur dengan menghabiskan uang, maka kamu berlibur dengan menghasilkan uang. Hebat, bukan? Atau bagi kamu yang memang sudah memiliki bisnis, silahkan kembangkan bisnismu menjadi lebih hebat lagi, misalnya, promosikan bisnismu lebih gencar di media sosial, membuat bisnis start-up, atau buka cabang baru bagi bisnis kamu, atau minimal kamu membuat plan jangka panjang bagi bisnis yang sedang kamu jalani.
10. Kepanitiaan
            Ketika kamu duduk dibangku sekolah ataupun kuliah, setiap tahunnya pasti ada penerimaan siswa atau mahasiswa baru, bukan? Bergabunglah menjadi panitia untuk menyambut kehadiran mereka. Ini merupakan salah satu bukti konkret kamu untuk turut berkontribusi dilingkungan sekolah atau kampus. Biasanya, kepanitiaan untuk orientasi mahasiswa baru, dipersiapkan ketika liburan semester genap, sehingga liburan kamu salah satunya bisa diisi dengan kegiatan bermanfaat seperti ini. Tidak hanya kepanitiaan orientasi kampus saja, kamu juga bisa mengikuti kepanitiaan lainnya, jika memang ada. Selain mengisi liburan kamu, kepanitiaan juga bisa meningkatkan kapasitas kamu juga, baik dari segi leadership maupun manajemen kepanitiaannya.
11. Jalan- jalan / WIsata Alam
            Otak kita juga butuh penyegaran, kawan! Pergilah ke tempat-tempat wisata, mencari tempat wisata yang dapat merefresh pikiran kamu, terlebih kalau kamu pergi bersama orang-orang yang kamu sayangi, pasti akan menjadi lebih menyenangkan. Ketika kamu pergi ke alam secara langsung, maka kamu akan melihat dan menyadari ciptaan Allah swt yang sangat luar biasa, sehingga senantiasa untuk lebih bersyukur atas kuasa-Nya. Ketika kamu pergi ke tempat-tempat modern, maka kamu pun akan menyadari perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat, sehingga dapat menimbulkan semangat untuk menciptakan karya-karya sesuai dengan perkembangan zaman. 
12. Menghafal dan Mengkaji Alquran
            Aktivitas yang terakhir ini adalah spesial teruntuk kamu yang beragama Islam. Banyak waktu luang yang kita sia-siakan, alangkah baiknya, kita manfaatkan dengan membaca Alquran, menambah hafalan Quran kita, mengulang kembali hafalan kita, serta mengkaji isi kandungan ayat Alquran. Jangan mau kalah dengan adik-adik kecil yang telah hafal Alquran, sedangkan kita, yang sudah dewasa, hanya usianya saja yang bertambah, hafalannya tidak. Sulit memang, apalagi kalau kita berada di lingkungan yang tidak kondusif. Oleh karena itu, niatkan dari hati secara tulus dan ikhlas, carilah lingkungan yang kondusif, dan bergabunglah dengan orang-orang sholeh dan sholeha yang senantiasa istiqomah bersama Al-quran, setidaknya mereka akan selalu mengingatkan kita ketika kita futur. Pesan terakhir, jangan lupakan sholat wajibnya ya, kalau bisa ditambah dengan sholat sunnah lainnya. Insya Allah liburan kamu akan semakin produktif! Yuk, semangat!

            Dengan aktivitas yang ke-12 ini, maka berakhir sudah bahasan kita tentang aktivitas apa saja yang bisa kita lakukan selama liburan. Dimanapun kamu berada sekarang, yuk manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Liburan itu laksana memiliki dua mata pisau, bisa jadi bermanfaat atau bisa jadi sia-sia. It’s your choice, right? Semoga tulisan ini bermanfaat! Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar