Kamis, 07 Juli 2016

BIJAK BERKENDARA, YUK!

            Tidak sedikit nyawa seseorang terenggut ketika berkendara. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), tahun 2013 terdapat 100.106 peristiwa kecelakaan, dan jumlah ini cenderung naik setiap tahunnya.
Sedikit cerita,
            Waktu SMP gue juga pernah ngalamin kecelakaan. Engga cukup parah sih kecelakaannya, tapi berkesan banget. Kejadiaan ini terjadi pas gue kelas 8 SMP. Sekitar jam 3 sore, perwakilan dari tim Pramuka gue di minta ke Kwarcab Kabupaten Bekasi buat pembekalan Lomba Tingkat III Pramuka, karena lomba tersebut bakal diadain besok dan menginap selama seminggu. Akhirnya gue izin dulu sama Pembina Pramuka gue dan dipinjemin motor sama Beliau buat pergi ke Kwarcab. Jarak dari sekolah ke Kwarcab lumayan jauh, sekitar 20 menit kali ya. Pas berangkat, gue yang nyetir, dan ngeboncengin salah satu temen cewe gue. Akhirnya kita sampai di tempat, latihan yel-yel, dan sedikit pengarahan buat besok berangkat lomba. Selesai sekitar maghrib. Gue sama temen cewe gue pulang, dan sekarang gentian dia yang nyetir. Di tengah perjalanan, tiba-tiba…… “Duaaarr” (bunyi sebenernya sih engga begini wkwk) motor gue tabrakan sama motor lain. Dan seketika gue terlempar ke rumput-rumput pinggir got, sedangkan temen gue yang nyetir, terlempar ke aspal dan ketiban sepeda motornya. Sakit, apalagi leher gue, kaya kepelitek gitu deh. Tapi lebih parah lagi temen cewe gue. Warga sekitar akhirnya nolongin kita berempat (dua laginya yang nabrak kita, karena mereka juga jatoh). Di kasih minum. Terus gue nangis (wkwk lebay sih, padahal temen cewe gue yang lebih parah lagi engga nangis). Langsung gue telfon pembina Pramuka gue dan juga temen gue yang di sekolah dan ngasih tau kabar ini sambil sesenggukkan. Sebenernya gue baik-baik aja, karena jatohnya di rumput, cuma sakit aja kalo nengok. Temen cewe gue, karena jatohnya di aspal, lengan baju sekolahnya robek sampe darah seger ngalir terus. Lukanya ngga cuma ditangan, tapi banyak. Karena tempat kejadian ngga jauh dari rumah temen gue ini, akhirnya dia dianter pulang setelah bala bantuan datang alias temen-temen gue yang lain. Sedangkan gue dan yang lain, mengurusi kejadiaan ini. Motor pembina gue rusak cukup parah. Yang nabrak gue itu 2 orang cowok yang usianya ngga beda jauh sama gue. Akhirnya gue dan temen-temen mengintrogasi mereka. Jadi kronologis kejadiannya itu gini, temen gue bawa motor ngga terlalu ngebut, tiba-tiba dari arah yang berlawanan, ada motor ngebut yang mau nyalib mobil didepannya. Karena dia ngga hati-hati pas nyalib dan mereka ngga ngeliat kalo ada kita, akhirnya tabrakan deh. Jadi, bisa dibilang yang salah itu mereka. Akhirnya mereka diminta buat tanggung jawab kan ya, tapi mereka gamau gitu, ditanya alamat rumahnya, malah jawabnya ngga jelas, ganti-ganti mulu alamatnya wkwk. Ngga lama pembina Pramuka gue datang, mereka kita suruh panggil ibunya. Ibunya dateng, minta maap, dia bilang ngga bisa ganti dengan uang, soalnya katanya mereka ngga mampu untuk ganti rugi motor yang rusak. Gue ngga tau kelanjutannya gimana, karena udah jam 10 malem dan gue harus pulang buat prepare lomba besok. Yang gue tau, keesokan harinya Pembina gue ini pake motor punyanya si anak yang nabrak. Balik ke cerita temen cewe gue, dia sakit, kondisinya ngga memungkinkan buat ikut lomba selama seminggu, padahal kita udah mempersiapkan lomba besok ini berminggu-minggu. Akhirnya, dia digantiin sama peserta cadangan. Udah deh, ceritanya sampe sini aja. Hehe
             Cerita diatas merupakan salah satu kisah nyata suatu kecelakaan yang terjadi apabila kita tidak hati-hati dalam berkendara. Masih banyak kasus lainnya yang bahkan merenggut nyawa. Kawan, ingatlah selalu bahwa keselamatan adalah yang utama, gunakan selalu helm ketika berkendara menggunakan sepeda motor, pakailah sabuk pengaman bila menggunakan mobil. Berhati-hatilah, selalu waspada. Apabila mengantuk, beristirahatlah. Bagi kamu yang telah membaca dan mengetahui akan pentingnya keselamatan berkendara, tolong ingatkan kembali teman dan keluarga di sekitar kita, supaya kita semua aman dalam berkendara. Jadilah pengendara yang bijak, ya!

            Terimakasih sudah mau membaca kisah yang cukup panjang ini. Hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar