Sabtu, 09 Juli 2016

#LiburanProduktif (Part I)

Liburan adalah moment yang selalu di nantikan oleh semua pelajar, termasuk mahasiswa. Biasanya mahasiswa memiliki waktu libur yang lebih panjang dibandingkan pelajar SD, SMP, ataupun SMA. Namun, dengan waktu libur yang terlalu panjang tersebut, terkadang membuat kita bosan dengan aktivitas yang dilakukan ketika liburan. Kebanyakan dari kita menghabiskan hanya dengan tidur, makan, dan tidur lagi, padahal ada begitu banyak aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan. Apa aja sih yang bisa kita lakukan? Here we go!
1. Family Time
            Ketika kita kuliah, sekolah, ataupun kamu yang sudah bekerja, hampir seluruh waktu kita dihabiskan untuk menyelesaikan tugas-tugas kita sendiri, kan? Terutama bagi kamu yang ngekos atau tinggal jauh dari orangtua. Kita terkadang lupa bahwa kita memiliki peran sebagai seorang anak, yang memiliki kewajiban untuk berbakti kepada kedua orangtua kita. Pun ketika ayah, ibu, atau keduanya telah di panggil Allah swt lebih dahulu, bisa kita kirimkan doa untuknya, karena salah satu amalan yang dibawa ketika meninggal adalah doa anak yang sholeh/ sholeha. Sedangkan bagi kamu yang masih memiliki kedua orang tua, bantulah dari hal-hal kecil, seperti bantu memasak, mencuci piring, menyapu dan mengepel lantai rumah, atau sekadar menuruti perintah ibu untuk pergi ke warung. Insya Allah setiap keringat yang keluar ketika kita berbakti kepada orangtua adalah tetesan-tetesan pahala. Aamiin Yaa Rabbal Alamiin.
            Ketika liburan, kita akan memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga. Cobalah bercengkrama dengan ibu, ayah, kakak, dan adik. Ini adalah moment yang tepat untuk berbagi cerita satu sama lainnya. Simpanlah dahulu gadget terbarumu, simpanlah dahulu media sosialmu, jangan sampai kita berada dalam satu rumah, namun tidak bicara satu sama lainnya karena sibuk di dunia maya. It’s not how big the house is, it’s how happy the home is. Thank of your family today and everyday thereafter, don’t let the busy world of today keep you from showing how much you love and appreciate your family.
2. Mempererat Silaturrahim
            Allah swt berfirman, “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya, dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An-Nisa: 1)
            Nah, sudah jelas kan bahwa Allah memerintahkan hamba-Nya untuk memelihara hubungan silaturrahim. Di moment liburan ini pas banget untuk mempererat persaudaraan, bisa berkunjung ke rumah nenek, tante, om, atau keluarga besar lainnya. Selain keluarga, kita bisa juga mempererat hubungan pertemanan, seperti reuni atau sekadar berkumpul dengan teman SD, SMP, SMA, teman kuliah, teman kerja, atau teman-teman lainnya. Hangout bersama teman merupakan hal yang menyenangkan, bukan? Ets, jangan lupa izin kepada orangtua dahulu ya sebelum hangout bersama teman-teman.
3. Menjalankan Hobi
            Setiap orang tentu memiliki hobi, kan? Meskipun ada dari kamu yang belum tahu hobi kamu apa, pastinya kamu memiliki aktivitas yang menurutmu menyenangkan. Nah, di liburan ini, kita memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengasah dan menekuni hobi kita. Bagi kamu yang suka menulis, tulislah sebanyak-banyaknya, bagi kamu yang hobi bersepeda, mendaki gunung, dan sebagainya, maka lakukanlah. Siapa tau masa depanmu yang cerah dimulai dari hobi kamu saat ini. “Happy is the man who is living by his hobby”.


To be continue . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar