Senin, 11 Juli 2016

#YukMentoring

            Apa itu mentoring? Kegiatan apa saja yang dilakukan ketika mentoring? Baiklah, dalam tulisan ini, saya mencoba untuk membahas apa itu mentoring. Sebagian dari kita mungkin sudah pernah mendengar atau bahkan tidak asing lagi dengan mentoring. Menurut saya pribadi, mentoring adalah suatu kegiatan berkumpul dan di dalamnya terdapat seorang mentor yang memberikan materi bermanfaat kepada kita sebagai pendengar. Mentoring atau bisa disebut sebagai liqo berfungsi untuk meningkatkan iman kita. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa adakalanya iman seseorang naik dan turun, maka dengan mentoring, kita dapat meningkatkan kembali iman kita dengan diberikan materi bahasan yang tentunya bermanfaat bagi kita. Biasanya kegiatan mentoring ini diikuti oleh sekitar 5-10 orang yang didalamnya terdapat mentor. Sang mentor inilah yang memberikan materi kepada para mentee. Mentee adalah sebutan bagi yang sedang diberikan materi oleh mentor. Kegiatan mentoring ini biasanya dilakukan setiap seminggu sekali. Materi yang dibawakan setiap pertemuan tentunya selalu berbeda, materi yang dibawakan yaitu mengenai ilmu-ilmu agama Islam dan berbagai fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mendengarkan sang mentor membawakan materi, kita dapat berdiskusi setelahnya, tanya-jawab, atau sekadar sharing.
            Saya sendiri mengikuti mentoring sejak kelas X di salah satu SMA di Kota Bekasi. Mentornya adalah kakak alumni SMA tersebut. Kesan pertama kali ketika mengikuti mentoring adalah saya sangat senang. Kakak mentornya sangat baik sekali, pun tidak jarang membawakan makanan kepada kami. Hingga sekarang, Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan untuk tetap mengikuti mentoring. Banyak sekali manfaat yang saya rasakan dengan ikut bergabung dalam lingkaran mentoring ini, terutama karena saya adalah lulusan SD, SMP, dan SMA negeri yang mana pelajaran agamanya sangat minim, sehingga dengan mengikuti mentoring sedikit banyak saya mengetahui ajaran agama Islam dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketika ada pertanyaan seputar Islam dalam kehidupan, maka saya memiliki tempat berdiskusi dan bertanya kepada lingkaran mentoring ini.

            Bagi kamu yang telah mengikuti mentoring, yuk dilanjutkan! Atau bagi kamu yang belum pernah merasakan nikmatnya mentoring, yuk bergabung! Gimana caranya? Kamu bisa langsung menghubungi teman di Lembaga Dakwah kampusmu atau rohis di sekolahmu, Insya Allah mereka akan membantu kamu untuk ikut bergabung dalam lingkaran mentoring ini. Sekian. Terimakasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar